Home PageWorkPelatihan Psychological First Aid – Departemen Psikiatri FK UI RSCM


2012 04 13 - Pelatihan Psychological First Aid - Departemen Psikiatri FK UI RSCM

Pelatihan Psychological First Aid – Departemen Psikiatri FK UI RSCM

Date: November 14, 2012

Saat ini kasus kekerasan yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya terus meningkat jumlahnya. Di tahun 2010 saja terdapat 637 kasus yang ditangani oleh ke Pusat Krisis Terpadu (PKT) RSCM, dengan kasus terbanyak kekerasan dalam rumah tangga (248 kasus) dan kekerasan seksual anak (282 kasus). RSCM juga menyediakan pendampingan psikiatri lebih lanjut terhadap para pasien ini melalui Klinik Pemulihan Stress Pasca Trauma (Klinik PSPT), yang juga merupakan unit layanan dari Departemen Psikiatri FKUI-RSCM.

Para pasien yang datang ke PKT maupun Klinik PSPT biasanya sedang berada dalam keadaan stres. Oleh karena itu profesional kesehatan jiwa yang melayani perlu memahami bagaimana menangani pasien dalam kondisi krisis seperti ini. Oleh karena itulah, Departemen Psikiatri UI menggandeng Pusat Krisis Fakultas Psikologi UI untuk memberikan pembekalan tentang psychological first aid (PFA) sebagai teknik intervensi krisis dalam menangani pasien kekerasan.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yakni pada tanggal 13-14 April 2012, dan diikuti oleh 30 orang peserta. Para peserta terdiri dari para residen jaga mandiri yang merupakan peserta Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Kedokteran Jiwa di Departemen Psikiatri FK UI dan para staf Departemen Psikiatri RSCM yang merupakan psikiater yang bertanggung jawab secara medico-legal terhadap kasus kekerasan yang datang ke PKT RSCM. Peserta sangat aktif mengikuti setiap sesi sehingga tidak hanya menguasai materi yang diberikan namun juga memperoleh berbagai insight yang sangat bermanfaat untuk perbaikan tata laksana pelayanan pasien yang mereka layani, berikut bagaimana kerjasama tim yang terdiri dari berbagai multi disiplin (Forensik, Kebidanan, Psikiatri dan Ilmu Kesehatan Anak) dalam menangani pasien yang sedang berada dalam kondisi krisis.